Jajaran Pemain Yang Menduduki Posisi Bek Kiri Timnas Indonesia

Jika diperhatikan posisi bek kiri dalam sepak bola termasuk paling rawan. Pasalnya jumlah pemain yang menduduki posisi tersebut jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi jangan heran jika posisi bek kiri biasanya diduduki oleh orang itu-itu saja. Sudah tahu belum siapa saja yang pernah menjadi bek kiri timnas Indonesia?

Posisi bek kiri sebetulnya cukup menguntungkan. Pemain tidak perlu harus melawan pemain asing seperti ketika menjadi gelandang, penyerang, atau bek tengah. Di bawah ini akan dibahas tentang siapa saja pemain bek kiri timnas Indonesia terbaik sebagai sumber referensi. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Ruben Sanadi

Ruben Sanadi termasuk bek kiri timnas senior sebab usianya bisa dikatakan tidak lagi muda. Padahal seorang bek kiri dituntut harus punya performa kuat. Pasalnya tugasnya bukan hanya dalam lini pertahanan namun juga menyerang umpan-umpan silang. Namun Ruben ternyata cukup bisa bertahan dalam posisi tersebut.

Dalam setiap tim yang dibelanya, Ruben terlihat tak pernah tergantikan untuk mengisi posisi bek kiri. Mulai dari Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, hingga Persebaya Surabaya. Ruben juga diketahui sering dipanggil timnas untuk mengisi posisi tersebut.

2. Ricky Fajrin

Ricky Fajrin ini termasuk multitalenta. Ia tak hanya jago dalam mengisi bek kiri namun juga lihai sebagai bek kanan, bahkan bek tengah. Terutama untuk timnas yang diasuh oleh pelatih Luis Milla, dimana posisi bek kiri selalu diberikan padanya. Ricky Fajrin juga dikenal menduduki posisi utama bek kiri dalam klub Bali United.

3. Rezaldi Hezanusa

Perlu diketahui sebenarnya Rezaldi pernah melakukan operasi kaki kiri sehingga sedikit menurunkan performanya. Namun, Rezaldi membuktikan pendapat tersebut keliru. Sebab tahun 2017 dirinya sempat mengantarkan Persija untuk juara Liga 1 2018.

Saat itu usianya masih tergolong muda, yaitu 24 tahun. Rezaldi juga digadang-gadang menjadi salah satu dari pemain bek kiri terbaik Indonesia.

4. Ardi Idrus

Sebetulnya pada penampilan awal-awal, Ardi Idrus ini termasuk paling diragukan oleh banyak orang. Pasalnya Ardi Idrus diketahui belum pernah terlihat berpartisipasi dalam liga kasta teratas Indonesia. Namun keraguan tersebut seakan sirna ketika Ardi harus tampil menggantikan Tony Sucipto yang cedera di posisi bek kiri.

Meskipun Ardi tidak punya kemampuan khusus dalam mencetak gol, namun ia cukup bagus soal kecepatan lari. Ditambah lagi, penampilan Ardi Idrus ini tergolong konsisten. Inilah yang membuat Persib akhirnya menjadi tim paling sedikit kebobolan pada Liga 1 2018.

5. Firza Andika

Pemain bek kiri dari klub PSMS Medan ini masih tergolong muda. Bahkan dirinya masih tercatat dalam jajaran pemain U-19. Firza punya kelebihan salah satunya adalah kelihaiannya dalam menendang bola menggunakan kaki kiri. Prestasi terbaiknya yaitu ketika berhasil memasukkan gol ke gawang Yordania dalam laga uji coba.

Firza juga pernah menyumbang gol saat piala AFF U-19 di Sidoarjo yang kala itu bertanding melawan Filipina. Ketika itu, ia diketahui mengambil langkah dari blind side untuk menyambut umpan silam yang diterima dari Rifad Marasabessy.

6. Abduh Lestaluhu

Pemain Abduh Lestaluhu pernah bersinar menjadi salah satu dari jajaran bek kiri dari timnas Indonesia. Dirinya pernah memperkuat timnas pada AFF 2016 dibawah asuhan Alfrerd Riedl. Namun, tahun 2018 karirnya cenderung meredup. Hal ini karena dirinya yang masuk ke tim PS TIRA.

Sebuah klub bola yang kurang mendapat perhatian dari pencinta sepak bola Indonesia. Selain itu penyebab karirnya tidak secemerlang dulu karena sikap emosionalnya sendiri ketika bermain di AFF tahun 2016. Sejak saat itu Abduh tak lagi dipanggil timnas hingga sekarang.

Itu tadi jajaran bek kiri timnas Indonesia terbaik. Posisi bek kiri memang tidak banyak jika dibandingkan dengan posisi lain. Namun posisi ini cukup penting dalam sebuah tim sepak bola.

READ  Nama-Nama Pemain Bola Jerman Beragama Islam Terbaik

About the author: Ken Malfoy

Related Posts