Bek Tengah Terbaik Indonesia yang Sering Berlaga di Timnas

Pelatih sepak bola Simon McMenemy dalam mendidik Timnas Indonesia menggunakan formasi 3-4-3 sehingga memerlukan bek-bek handal untuk menjaga pertahanan. Secara tidak langsung Simon butuh pemain bek tengah terbaik Indonesia yang memiliki karakter supaya tidak menjadi bahan mainan tim lawan. Pasalnya dengan formasi yang diusung tersebut mengharuskan para pemain dapat bertahan secara kuat dalam melakukan duel.

Baik duel satu lawan satu maupun duel di udara serta juga dapat membaca kemana arah permainan. Untuk melakukan penyerangan pada lawan dapat berjalan dengan baik, maka ketiga pemain dengan kemampuan tersebut dapat berkomunikasi dengan lancar. Berikut akan dibahas mengenai beberapa bek tengah terbaik yang dimiliki oleh tim merah putih:

1. Ricky Fajrin

Pada awalnya Ricky Fajrin bukanlah seorang pemain bek tengah dalam Timnas Indonesia. Melainkan posisinya sebagai bek sayap dimana oleh Luis Milla di instruksikan untuk melakukan perannya yang baru. Sehingga mencatatkan namanya sebagai salah satu bek tengah terbaik Indonesia. Luis Milla mengambil tindakan demikian karena menilai Ricky lebih tepat jika ditempatkan pada posisi bek tengah.

Pemain dengan tinggi badan 175 cm ini dikenal sebagai pemain dengan tingkat disiplin yang tinggi dalam mengawal pertahanan. Hal itu berbanding terbalik ketika Ricky berperan sebagai bek sayap yang dianggap kurang memiliki kecepatan.

2. Otavio Dutra

Meskipun sudah memiliki usia yang tidak muda lagi, pemain ini tetap menempatkan dirinya pada permainan di tingkat elit. Pemain ini telah banyak singgah di beberapa klub sepak bola ternama seperti Persebaya Surabaya, Gresik United, Persipura Jayapura, sampai Bhayangkara FC. Dengan memiliki tinggi badan 190 cm membuat pemain ini sangat diandalkan menjadi benteng pertahanan tim.

Para teman-temannya dalam tim menilai pemain bek tengah ini sebagai seorang yang komunikatif. Dutra juga merupakan salah satu pemain yang minim pelanggaran sehingga dinilai tipe pemain bersih.

3. Hansamu Yama

Posisi bek tengah terbaik Indonesia selanjutnya diduduki oleh pemain asal Mojokerto, Hansamu Yama. Yang sebelumnya pernah menjadi Timnas Indonesia U-19 di tahun 2012-2014 yang lalu. Banyak yang beranggapan jika Yama merupakan pemain yang mempunyai kehebatan hampir sama dengan Sudirman, Bejo Sugiantoro, Charis Yulianto serta legenda bek tengah lainnya.

Ditunjang dengan tinggi badan 180 cm membuat pemain ini termasuk dalam pemain yang kuat saat melakukan duel satu lawan satu maupun duel udara. Pemain ini juga dapat membaca arah bola meskipun masih berusia 24 tahun. Dengan kemampuan yang dimiliki membuat Yama tetap bertengger di posisinya dalam Timnas meskipun pelatih kerap melakukan bongkar pasang pemain.

4. Andy Setyo

Pemain ini merupakan salah satu pemain yang telah memiliki jam terbang tinggi. Terbukti dengan masuknya nama Andy Setyo sebagai pemain Timnas dalam ajang SEA Games 2019. Selain itu, Andy juga mendapat kepercayaan saat bermain di U-22 sebagai bek tengah dan berhasil membantu Timnas Indonesia sampai final pertandingan.

Dengan porsi tubuh yang terbilang tinggi, tidak membuat pemain yang satu ini kehilangan kelincahan saat memainkan si kulit bandar.

5. Fachruddin Aryanto

Pemain yang mengawali karirnya di tahun 2012 ini telah tercatat mengikuti pertandingan sebanyak 35 kali. Fachruddin merupakan pemain yang termasuk dalam jajaran pemain yang sering berlaga dalam Timnas Indonesia. Dengan memiliki tinggi badan sekitar 180 cm membuat Fachruddin ditakuti lawan ketika menghadang bola-bola melayang.

Demikian informasi mengenai beberapa bek tengah terbaik Indonesia yang sering berlaga dalam membela tim merah putih. Pemilihan pemain bek tengah terbilang penting, pasalnya jika tidak tepat dalam proses memilih. Maka pertahanan belakang tim akan dengan mudah ditembus oleh kubu lawan.

READ  7 Gelandang Serang Terbaik Saat Ini Versi ESPN

About the author: Ken Malfoy

Related Posts