Klub Sepak Bola Jawa Timur Yang Mengikuti Kompetisi Liga 1

Klub Sepak Bola Jawa Timur

Provinsi Jatim adalah salah satu Provinsi tempat asal klub sepak bola yang mengikuti ajang Liga 1 Indonesia terbanyak. Dengan catatan setidaknya ada lima klub sepak bola Jawa Timur yang mengikuti ajang di Liga 1 tahun 2020 ini. Disamping itu, kelima klub tersebut juga mendapat ranking bagus dalam jajaran klub-klub sepak bola elit di Indonesia.

Walaupun didukung dengan banyaknya klub yang ikut bertanding di laga bergengsi di negeri ini. Tidak membuat nama Provinsi Jawa Timur tercatat sebagai salah satu Provinsi yang berhasil membuat perwakilannya menjadi juara. Terakhir kali klub perwakilan sepak bola asal Jawa Timur yang berhasil menjadi juara adalah Arema Indonesia pada tahun 2009/2010. Berikut jajaran klub sepak bola asal Jatim yang menempati posisi tertinggi :

1. Persela Lamongan

Didirikan pada tahun 1967, klub sepak bola Jawa Timur ini memang tercatat belum menorehkan prestasi yang luar biasa secara profesional. Namun meskipun demikian klub Persela Lamongan tetap menjadi klub sepak bola kebanggaan dari segenap warga Lamongan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang menyukai klub sepak bola yang satu ini dengan menjulukinya Laskar Joko Tingkir.

READ  8 Klub Bola Terkaya Di Dunia Dengan Keuntungan Jutaan

Disamping memiliki nama julukan, klub ini juga memiliki nama bagi para pendukungnya yang sering disebut LA Mania. Dalam pertandingan sepak bola secara profesional memang klub sepak bola ini belum pernah mencicipi gelar sebagai juara. Namun kehadiran dari klub ini sering menjadi klub kuda hitam dalam berbagai kompetisi sepak bola di Indonesia.

2. Persik Kediri

Walaupun statusnya masih menempati posisi promosi, klub yang satu ini bukan lagi nama baru bagi warga Jawa Timur ataupun warga Indonesia. Persik Kediri juga memperlihatkan kualitasnya dengan berhasil menjuarai 2 gelar dalam ajang Liga Indonesia. Meskipun telah mengantongi gelar juara tidak membuat klub sepak bola yang satu ini memiliki proses yang lancar.

READ  Mengintip Daftar 7 Calon Bintang Sepak Bola Dunia Dengan Prestasi Diatas Rata-Rata

Bahkan klub ini sampai harus mengikuti kejuaraan di Liga 3 pada tahun 2018 yang lalu. Namun semangat dari klub dengan julukan macan putih ini mampu menjadikannya juara pada setiap pertandingan yang dijalani sehingga berhasil memperoleh promosi ke Liga 1.

3. Arema FC

Arema FC merupakan klub sepak bola Jawa Timur lebih tepatnya dari kota Malang. Klub ini sangat dicintai oleh para penggemarnya dengan dijuluki sebagai Singo Edan. Disamping itu Arema FC juga berhasil menunjukkan kemampuannya dengan berhasil menjadi juara di kompetisi Liga Indonesia. Salah satunya adalah berhasil menjadi juara Super League pada tahun 2009/2010 dan prestasi yang lainnya seperti berhasil masuk ke ajang piala dunia sebanyak 2 kali.

4. Madura United

Klub sepak bola yang satu ini bermarkas di kota Pamekasan, Madura. Berdiri semenjak tahun 2016 yang lalu membuat klub ini semakin menunjukkan eksistensinya dalam berbagai ajang kompetisi di Indonesia. Salah satu bukti yang telah torehkan oleh klub ini dengan berhasil mendapatkan lisensi AFC (Asian Football Confederation). Klub yang berjuluk Laskar Sape Kerrab ini berhasil menduduki posisi 5 besar dalam klasemen.

READ  8 Klub Bola Terkaya Di Dunia Dengan Keuntungan Jutaan

5. Persebaya Surabaya

Dilihat dari namanya memang sudah sangat populer di dunia persepak bola-an tanah air. Resmi berdiri di tahun 1927 klub sepak bola Jawa Timur ini telah menunjukkan berbagai prestasi yang dimiliki. Diantaranya seperti 6 gelar juara Perserikatan dan juga 3 gelar juara Divisi Satu/Liga 2. Klub yang memiliki julukan baju ijo ini siap mengikuti turnamen Liga 1 tahun ini.

Itu tadi informasi tentang klub sepak bola Jawa Timur yang mengikuti ajang Liga 1 Indonesia. Memang pada dasarnya setiap klub sepak bola memiliki ciri khas dan pendukungnya masing-masing. Karena setiap daerah mempunyai karakter yang berbeda juga.

About the author: Ken Malfoy

Related Posts