Profil Lev Yashin Sang Black Spider Legendaris

Profil Lev Yashin

Nama Lev Yashin memanglah asing bagi orang awam. Namun, lain halnya bila Lev Yashin disebutkan dalam lingkup sepak bola. Faktanya hampir seluruh pemain sepak bola mengidolakan dirinya,penasaran dengan dirinya. Berikut Profil Lev Yashin yang telah dirangkum secara eksklusif.

Profil Singkat Lev Yashin

Lev Yashin memiliki nama lengkap Lev Ivanovich Yashin, terlahir di Moskow, Uni Soviet pada tahun 1928 tepatnya pada 22 Oktober. Pria yang terkenal dengan sebutan Black Spider ini merupakan seorang penjaga gawang legendaris asal Uni Soviet.

Sebutan Black Spider dilontarkan kepadanya dikarenakan kostum yang mendukung penampilan di arena bertanding selalu berwarna hitam. Sontak seluruh penggemarnya memberikan panggilan tersebut sebagai wujud perhatian terhadapnya. Tak heran bila demikian, hal itu karena Lev Yashin adalah penjaga gawang pertama di era 1954-1967.

Sepanjang karirnya Lev Yashin telah memperoleh berbagai penghargaan. Yang paling membanggakan dirinya adalah dia hanya bermain pada satu klub saja yakni club Dynamo Moscow. Bersama klubnya Lev Yashin pernah bermain sebanyak 22 musim, dan memperoleh kurang lebih 78 piala.

READ  Profil Thomas Muller yang Belum Pernah Terungkap

Pada tahun 1970 Lev Yashin pensiun dari sepak bola dikarenakan usianya yang telah menua. Walaupun sudah pensiun, para penggemarnya masih sangat mengidolakan dirinya.

Lev Yashin menutup usia saat dirinya berumur enam puluh tahun, tepatnya pada 20 Maret 1990. Penyebab kematianya adalah komplikasi pembedahan terhadap kakinya yang diambutasi. Ambutasi yang dilakukan disebabkan beberapa cedera lama yang diperoleh ketika menjadi penjaga gawang, cedera yang dia alami menyiksanya hampir selama dua puluh tahun.

Setelah tutup usia nama Lev Yashin tidak langsung dilupakan begitu saja. Untuk mengenang kiper legendaris ini. Nama Lev Yashin diabadikan sebagai penghargaan penjaga gawang terbaik atau ‘ Lev Yashin Award’ pada tahun 1994-1970. Itulah sekilas informasi mengenai Profil Lev Yashin.

READ  Profil Ronaldo dan Perjalanan Karirnya yang Gemilang

Karir Lev Yashin Bersama Club Dynamo Moscow

Lev Yashin tidak terkenal begitu saja. perjuangan yang harus dia lakukan. Bergabung pada tahun 1950, selama bergabung dengan Dinamo Moscow, Lev Yashin bertanding sebanyak 22 musim dengan 5 kejuaraan liga dan 3 kejuaraan club.

Ciri khasnya bertanding Lev Yashin adalah penyelamatan gawang yang akrobatik, selain itu juga pelopor kipper maju . Dalam permainan sepak bola penjaga gawang biasanya berpusat pada area depan gawang. Berbeda dengan Lev Yashin, ketika bermain dia lebih senang menghalau dari jarak yang tergolong aman dibandingkan menunggu bola menyentuh bibir gawang.

Bersama rekan seperjuangannya di Dynamo Moscow, Lev Yashin telah mengikuti berbagai ajang bergengsi yang juga diikuti club club bola lainya. Yang tentunya memiliki bobot yang seimbang bila dibandingkan Dynamo Moscow. Bersama rekan rekanya Lev Yashin berhasil mengikuti Soviet Top League sebanyak lima kali dan Soviet Cup sebanyak tiga kali.

Penghargaan Yang Diperoleh Lev Yashin

Ballon d’Or atau bola emas, merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemain bola terbaik Eropa pada musim sebelumnya. Lev Yashin memenangkan penghargaan ini pada tahun 1963. Tentunya penghargaan ini menjadi hadiah terbesar yang dia berikan kepada keluarga tercintanya dan juga para sahabat.

READ  Profil David Beckham: Si Tampan Jago Free Kick dari Britania Raya

Penyelamatan terhadap penalti yang Lev Yashin lakukan juga menobatkannya kedalam penghargaan penjaga gawang terbaik sepanjang masa. Penyelamatan yang Lev Yashin lakukan guna menghalau kebobolan, saat tendangan penalti dilakukan terjadi sebanyak 150 kali. Selain penghargaan itu, Lev Yashin juga dinobatkan sebagai Kiper terbaik dunia abad 20 versi IFFHS.

Penghargaan yang selanjutnya adalah Penghargaan Kiper terbaik Piala Dunia sepanjang masa. FIFA menobatkan Lev Yashin sebagai kiper terbaik nominasi tersebut. Lev Yashin telah mengikuti Piala Dunia sebanyak tiga kali. Dalam ketiga partisipasinya Lev Yashin selalu menyuguhkan permainan yang mengesankan, dan juga berhasil melakukan pembelaan untuk Uni Soviet dengan tangkapan mautnya.

 

About the author: Ken Malfoy

Related Posts